Selasa, 15 Maret 2011

Belajar dari kesalahan

apa sih kesalahan ? sesuatu yang harus kita simpen ? sesuatu yang harus kita tutup rapat - rapat ? sesuatu yang pernah bikin kita malu setengah mati dan hidup ? atau sesuatu yang membuat kita kapok dan gak akan mengulanginya lagi ?

Kesalahan itu kaya sewaktu kita jatuh dari bemo dan kita malu banget sampe wajah kita memerah padahal itu terjadi karena kita kedorong sama orang dibelakang kita dan esoknya kita gak mau naek bemo itu lagi .

pernah suatu hari , aku membuat sebuah kesalahan yang akibatnya sangat amat memalukan . saat itu aku dan mama lagi belanja di DTC (Darmo Trade Center) . nah saat kami berhenti di sebuah toko , aku melihat bleazer hitam yang sangat apik dan aku mau . aku bilang ke mama untuk menawarnya dan mama pun menawar . sampai pada harga yang ditentukanpun sang mama tetp ndak mau beli karena masih kemahalan akirnya kami meninggalkan toko itu dan aku bilang "maa ayoo aku mau" sambil "nggondok" akirnya mama bilang "coba harganya 25 aja" aku bilang sama embaknya "mbak 25 bole ?" mbaknya jawab "haduu dek itu udah murah 30 aja ya" aku pun kontras menjawab iya dan lari ke mama. mama pun datang ke mbaknya sambil ngeluarin uang 25 dan mbaknya bilang "loh bu 30" mama langsung noleh ke aku "loh yaapa sih kamu mama bilang 25" dan aku bilang "yaa 30 ajalah ma" , "memang kamu yang beli ? sudah mbak ndak jadi !" seraya mama ninggalin toko itu dan aku pun muaalu setengah mati , mama ngomel dijalan sambil berkata "lain kali jangan gitu , untung mbaknya sabar , kalo nggak di "celatu" kamu" . akirnya sejak itu aku paling anti melewati stand mbak itu takut dan malu rasanya .


dan banyak lagi kejadian memalukan hingga aku gak berani lagi nampakkan diri dari situ . hhahah lucu .
sebenarnya itu semua membuat kita belajar dari pengalaman . kata kuncinya :

PENGALAMAN = KESALAHAN = PEMBELAJARAN

nah , semakin kita banyak kesalahan yang BERBEDA semakin banyak pengalaman yang kita dapat . Jika kesalahan itu SAMA seperti kemarin itu bukan pengalaman melainkan KEBODOHAN . karena kita sudah tahu bahwa itu bakal nimbulin suatu kesalahn kenapa kita coba lagi ?

kesalahan itu bakal menuntun kita ke gerbang yang lebih baik . ke gerbang dimana kita gak akan lagi mengulang seperti itu , bahkan kesalahan bisa kita buat sebagai nasehat kepada orang lain agar mereka yang hendak bertindak gak akan melakukannya . 


Jadi , mulai sekarang jangan pernah takut salah , jangan ditakuti pula . karena salah bakal memberi kta bekal buat melangkah kedepan yang lebih baik :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar